Selasa, 05 Mei 2009

Q1 09, Blackberry Kalahkan Dominasi iPhone

WASHINGTON - Kuartal pertama tahun ini, Blackberry berhasil memenangkan pertarungan melawan Apple dengan total penjualan terbanyak.

Berdasarkan data dari perusahaan riset NPD, seperti dilansir melalui AFP, Selasa (5/5/2009), salah satu strategi yang mampu mendongkrak penjualan unit Blackberry adalah adanya sistem pembelian 'buy one get one' yang dilakukan oleh operator telekomunikasi Verizon Wireless. Proses penjualan ini, mampu melangkahi jumlah penjualan iPhone dalam kurun waktu tiga bulan pertama dalam tahun 2009 ini.

Menurut NPD, saat ini pangsa pasar ponsel pintar RIM meningkat hingga 15 persen sehingga hampir mampu menguasai sekira 50 persen pasar smartphone pada kuartal ini. Bahkan peningkatan ini merupakan pertama kalinya Blackberry mampu mengalahkan iPhone 3G.

Di antara ponsel pintar keluaran vendor Kanada Research in Motion (RIM) ini, Blackberry Curve merupakan ponsel pintar RIM yang paling laku, diikuti oleh iPhone 3G, Blackberry Storm, Blackberry Pearl dan T-Mobile G1.

"Dalam daftar 5 besar ponsel pintar paling laku, Blackberry menempati tiga posisi penting. Curve merupakan ponsel yang terjangkau ditambah dengan promosi seperti itu, membuat ia mampu melampaui iPhone, khususnya di pasar Amerika," ujar Analis NPD Ross Rubin.

Dalam riset tersebut, NPD juga menemukan bahwa penjualan ponsel pintar memberikan kontribusi sekira 23 persen dalam total penjualan unit ponsel. Angka ini naik sekira 17 persen dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

"Meskipun kondisi ekonomi tidak bersahabat namun konsumen tetap berminat melakukan migrasi ke ponsel pintar yang mampu memenuhi kebutuhan akses data mereka, baik untuk informasi maupun hiburan," tandas Rubin. (srn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar